Maret 2011 : Smart Mulai Melaksanakan FUP?

Maret 2011 merupakan hari dimana tarif koneksi internet di tanah air mengalami gejolak. Bagaimana tidak? Tgl 1 Maret 2011 merupakan hari dimana Wigo Wimax mulai mengkomersilkan ISP nya. harga yg ditetapkan wigo, dapat di lihat di sini.

Kemudian pada hari yang sama pula, para pelanggan smart mulai mengeluhkan penurunan kualitas koneksi yang sangat drastis. Smart merupakan salah satu provider ISP di tanah air yang masi menerapkan paket unlimited tanpa penurunan speed / quota.
Penurunan kecepatan ini menimbulkan berbagai asumsi oleh pihak pengguna provider smart.


Ada yang mengatakan bahwa smart mulai memberlakukan FUP, dan quota pemakaian akan di reset setiap harinya secara otomatis. Ada pula yang tidak setuju dengan pemikiran ini, karena pemakaian mereka sangat bervariasi ketika mengalami penurunan kecepatan.

Saya mencoba menelepon ke cs nya smart untuk menkonfirmasi hal ini melalui call centernya. Tetapi alangkah kagetnya saya ketika mendapati bahwa Call center smart ini hanya untuk orang yang memiliki Nomor SMART, atau merupakan pelanggan smart. Saya diminta untuk mengisikan nomor smart saya secara berulang2 oleh mesin penjawab otomatis call center smart.

Melalui facebook fanpage smart, saya mendapatkan konfirmasi bahwa smart tidak menerapkan FUP pada paket data yang diiklankan sebagai unlimited tersebut.

Saya sendiri dulunya pernah memakai smart, dan dalam syarat dan kondisi smart, yakni poin ke 16, tertulis bahwa :
"Dalam rangka menjaga kualitas layanan akses internet yang disediakan oleh SMART kepada Pelanggan, maka Pelanggan dengan ini memahami dan menyetujui bahwa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, SMART dapat melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk tapi tidak terbatas pada memberlakukan aturan pembatasan kecepatan akses internet (Fair Usage Policy / FUP), apabila terjadi satu atau beberapa hal sebagaimana dimaksud dalam butir 13 di atas. Pelanggan dapat menikmati kembali kecepatan akses internet sesuai dengan paket yang dipilihnya pada periode tertentu."

Mengacu pada syarat dan ketentuan tersebut diatas, menurut saya yang sedang terjadi saat ini adalah smart melakukan perbaikan kualitas jaringannya dengan membatasi para langganannya yang mengakses internet dengan kapasitas penggunaan secara berlebihan.

Saya pribadi merasa apa yang dilakukan pihak smart tidak etis. Walaupun yang dilakukan mereka tertera sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku (syarat dan ketentuan secara lengkap dapat dilihat di sini) tapi informasi yang didapat dari sales person smart, sangat menyesatkan, dimana mereka tidak menjelaskan poin tersebut, dan tidak menyarankan calon pengguna untuk membaca syarat dan ketentuan sebelum berlangganan. Bahkan pada tanggal 2 Maret 2011, saya menanyakan kepada salah satu sales person smart yang ada di pameran Plaza Medan Fair, medan, sang sales person nya juga memberitahukan bahwa tidak akan terjadi penurunan kecepatan yang dimaksud.

Bagaimanakah pendapat anda mengenai hal ini?

Tidak ada komentar: