Review Wigo WiMAX di medan. Ini dia yang di tunggu-tunggu.

Teman-teman di Medan pada uda pernah dengar Wigo WiMAX? saya yakin pasti banyak diantara kalian yang udah , dan banyak juga diantara kalian yang telah mengambil dongle (modem) utk uji coba .

Jika anda belum pernah mendengar mengenai Wigo WiMAX, silahkan baca lebih lanjut di sini

Saya mengambil 2 buah paket uji coba wigo mengingat saya juga termasuk orang yang suka download .

Setelah beberapa minggu mencoba Wigo WiMAX yang katanya diluncurkan di medan bulan oktober 2010 yang lalu, beberapa hal yang saya simpulkan selama proses ujicoba ini adalah :

* Wigo WiMAX merupakan broadband dengan luar biasa cepat. teknologi Wimax sendiri bisa mencapai 100mbps, walaupun selama masa ujicoba, kecepatan max nya di batasi sampai 5mbps. Sayang, masih banyak tempat di kota Medan yang belum bisa mendapat signal WIGO. Dari pihak WIGO, berjanji dalam waktu dekat akan diperluas.

* Harga dan paket komersilnya masih dirahasiakan sampai sekarang, padahal tinggal 1 bulan lagi untuk ujicoba nya.

* Signal Wigo masi sangat lemah bagi penggunaan indoor/di dalam rumah yang tidak memiliki jendela, atau memiliki banyak gedung tinggi disekitar rumah. Sedangkan untuk penggunaan diluar rumah, signal cukup bagus, bahkan jika kita berada di luar batas wilayah yang dicakup wigo, kita tetap dapat signal dan kecepatan yang bagus.



* Untuk orang yang gemar download dari internet, cukup repot. Dimana kita akan direpotkan utk meminta top up setiap hari sebatas 1GB utk menghindari penurunan kecepatan menjadi 64kbps jika quota kita sudah abis.
Sekedar info, dengan kecepatan maksimum download 5mbps yg diberikan, maka jika kita download dari rapidshare / server lainnya yang kecepatan tinggi, maka 1 GB itu akan abis dalam waktu sekitar 1/2 jam. Biasakanlah top up sebelum quota anda habis. Quota nya bersifat kumulatif. Berikut tampilan halaman self care saya.



Beberapa kelemahan yang saya alami selama ujicoba ini adalah:
* Call center selalu meminta kita untuk menginstall ulang aplikasi wigo kita, apapun masalah yang kita alami sebelum kemudian diminta untuk langsung kunjungi Wigo Center. Mungkin call center ini hanya cocok utk request top up Quota saja.

* Jika ada keluhan / permintaan top up , call center nya cenderung sibuk karena banyaknya request top up. Saya lebih memilih untuk email ke care@wigo.co.id di pagi hari, dan jika sampai malam hari quota saya belum juga bertambah, maka saya akan menelepon ke call center wigo.

* Untuk request topup melalui email, saya diberitahukan bahwa kita dapat merequest topup ke lebih dari 1 account cukup dengan 1 kali mail saja. Setelah beberapa hari mencoba email ke care@wigo.co.id utk top up bbrp account saya, dan hasilnya cukup mengecewakan. Akhirnya saya putuskan untuk topup melalui mail yang berbeda untuk masing-masing account saya.

* Untuk dongle nya sendiri, penerimaan signal nya cukup bervariasi. Ada 1 buah dongle saya yang bisa mendapat signal cukup mantap, tetapi jika menggunakan dongle yang lain di spot yang sama, signalnya lemah dan mengakibatkan koneksi terputus-putus.

Beberapa saran pribadi saya:

* Jika sekarang hanya medan dan balikpapan saja yang free trial sudah kerepotan utk proses top up dan menangani keluhan, mohon dipertimbangkan cara untuk top up quota lainnya. Mungkin di sistem dapat ditambahkan fitur auto add quota jika quota dibawah 1 GB, sehingga kita yang mengambil paket ujicoba tidak perlu tiap hari menelepon.

* Sistem lupa password yang ada sekarang ini sangat rentan digunakan oleh orang yang isenk untuk mereset password orang lain. Hal ini mengingat untuk mereset password hanya diperlukan account number.

Tidak ada komentar: