Cara Ampuh Komplain mengenai Credit Card

Saya yakin banyak sekali diantara pembaca yang selalu dipusingkan oleh kartu kredit. Kartu kredit yang awalnya bertujuan utk memudahkan kita dalam pembayaran, sering kali malah menjadi permasalahan sendiri, mulai dari tagihan yang tidak sesuai, sistem yang error, billing telat datang, dsb. Bahkan banyak sekali orang yang mungkin tidak menyadari adanya kesalahan pada tagihannya. Pada waktu kita menemukan kesalahan dan masalah pada kartu kredit kita, tentu kita langsung berinisiatif utk menyelesaikan ke bank yang bersangkutan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan jika anda menemukan masalah pada kartu kredit kita:

1. Jika memungkinkan, datangi langsung kantor pusat / cabang dari kartu kredit yang bersangkutan. Hal ini untuk mengurangi waktu tunggu, dan mempercepat proses penyelesaian masalah kita.

2. Apabila anda ingin menggunakan phone banking untuk menyelesaikan masalah, ingatlah bahwa anda masi harus tetap membayar pulsa untuk menghubungi call centre mereka. Terkadang pulsa ini bisa jauh lebih mahal dibanding masalah yg anda hadapi. Dari pengalaman pribadi saya, saya pernah menelepon 30 menit dari medan ke call centre (021), tetapi masi saja masalah saya belum selesai.

3. Ingatlah nama nama officer yang anda konsultasikan dalam menyelesaikan masalah anda. Ini sangat penting utk referensi di masa yang akan datang. Jika anda memilih cara phone banking, biasanya officer tersebut menyebutkan nama mereka tidak begitu jelas. Tanya lah dan minta di ulangi sampai anda benar mendapatkan nama mereka.

4. Beri tenggang waktu pihak provider kartu kredit anda untuk menyelesaikan masalah anda. Ada kemungkinan officer yang menangani masalah anda tidak memiliki otoritas untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, mereka masih harus meneruskan ke yang berwenang.

5. Jika setelah beberapa waktu anda masi gagal dalam menemukan penyelesaian masalah, cobalah untuk menuliskan masalah anda melalui suara pembaca koran atau website. Jika tulisan anda dimuat, anda akan segera di hubungi oleh pihak yang berwenang, dan akan segera di proses. Besar kemungkinan masalah anda akan selesai dalam kurun waktu 24 jam.

Berikut contoh respon cepat dari pihak provider kartu kredit saya.
http://suarapembaca.detik.com/read/2007/09/10/171300/828051/283/citibank-menanggapi-bapak-william

Jika memang anda tidak mendapat tanggapan dari pihak provider, berarti provider anda tidak begitu bagus, dan anda boleh mulai memikirkan untuk pindah provider kartu kredit yang lain saja.

Beberapa media yang dapat menampung suara pembaca :
http://suarapembaca.detik.com
http://www.mediakonsumen.com
http://www.ylki.or.id/infos/view/pengaduan-konsumen

Semoga para pembaca mendapatkan info yang berguna bagi semuanya. Jika kebetulan ada kawan kita yang sedang menemukan masalah, sudi kiranya membagikan blog ini kepada mereka. Terima kasih.

Tidak ada komentar: